Exception Handling

 1. Abstraksi

Exception Handling merupakan mekanisme yang paling diperlukan dalam menangani error yang terjadi pada saat runtime (program berjalan) atau yang lebih dikenal dengan sebutan runtime error.

Secara umum, adanya kesalahan / error yang terjadi pada program pada saat runtime dapat menyebabkan program berhenti atau hang. Untuk itulah diperlukan mekanisme untuk memastikan bahwa program tetap dapat berjalan meskipun terdapat kesalahan yang terjadi. Secara umum, Exception Handling dapat dilakukan menggunakan keyword try-catch

Try :  Digunakan untuk menentukan bagian statement program dimana akan terjadi pengecualian. Blok dari try ini harus diikuti dengan catch

Catch : Digunakan untuk menangani kesalahan / pengecualian yang terjadi. Blok catch ini tidak dapat berdiri sendiri tanpa blok try.

2. Class Diagram

Dalam program ini hanya terdapat satu class yaitu ExceptionHandling.java yang merupakan sebuah program pembagian sederhana, yang dimana dalam program tersebut apabila kita memasukkan sebuah value, maka akan memberikan sebuah pesan error sesuai dengan error yang didapatkan.

3. Source Code

 

4. Output





Comments

Popular posts from this blog

Tugas PBO Ticket Machine

Tugas PBO Auction System

ETS PBO (Program Setor Uang)